Dapat Bantuan Alat Industri, Sakaria: Perahu Kater Cuma Ada di Bawean dan Belitong 

Dapat Bantuan Alat Industri, Sakaria: Perahu Kater Cuma Ada di Bawean dan Belitong 
Sakaria menerima bantuan dari Deskranasda Beltim

BELITUNG TIMUR - Sakaria, pengrajin miniatur Perahu Kater bahagia mendapatkan bantuan etalase, mesin profil kayu  dan mesin Gerinda. Bantuan  itu didapatnya dari pemerintah daerah melalui  Dewan Kerarajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Belitung Timur  (Beltim), Rabu (13/10).

Pria yang telah membuat miniatur perahu kater dari tahun 2002 ini mengaku baru kali ini mendapatkan bantuan dari Pemerintah Daerah. Sakaria adalah satu-satunya pengrajin  miniatur perahu kater di Belitung Timur beralamat di Kampung Gunung Bawah, Desa Lalang Jaya, Kecamatan Manggar. 

“Perahu kater cuma ada di Belitong dan Bawean, saya membuat  kerajinan  ciri khas Belitong, jadi kalau ada yang minat untuk oleh-oleh khas Belitong maka saya menyediakan.  Sayapun sudah memasarkan produk melalui media sosial facebook dengan username  'Sakaria L'. Ujar Sakaria. 

Dari banyaknya kerajinan khas Belitong yang terkenal seperti satam dan batik, Sakaria memilih kerajinan miniatur Perahu Kater untuk dilestarikan,  

“Saya ingin orang-orang di luar Belitong mengetahui ada kerajian perahu kater ini dan bisa menikmatinya, kalau untuk keuntungan tidak ada” ujar Sakaria yang sudah menjual produknya hingga ke mancanegara.

Sakaria mematok harga Rp.100.0000 - Rp.200.000 untuk miniatur perahu katernya, harga yang tak seberapa untuk pembuatan yang rumit dan membutuhkan waktu lama.

“Dengan bantuan yang diberikan ini saya bisa menghasilkan kerajinan  jauh lebih cepat, bisa dibuat berbagai model,   jauh lebih cantik. Dengan etalese saya dapat memajang kater-kater ini di toko depan rumah” pungkasnya.(Wr/Hmf )

Helmi M. Fadhil

Helmi M. Fadhil

Previous Article

Data Pembangunan Harus Terus Dimutakhirkan,...

Next Article

Rudi Center dan DPC PDI P Adakan Vaksin...

Related Posts

Jurnalis

Profle

Helmi M. Fadhil

Follow Us

Recommended Posts

Sat Res Narkoba Polres Beltim berikan Penyuluhan kepada Generasi Milenial di Desa Simpang Tiga
Batik Belitung Timur Kian Menggeliat, Masinun: Hasil Karyanya Luar Biasa Bagus 
Divisi Propam Polri Turun Langsung ke Polres Beltim Cek Urin dan Giat Gaktiblin 
Anggota DPR RI Ngopi Bareng di Warkop Manggar Kota Wisata1001 Warung Kopi, Bambang Pati Jaya: Masyarakat Sehat Ekonomi Bangkit
Reses Anggota DPRD Provinsi Babel, Biliadi: Aspirasi Pemuda Akan Kita Jadikan Pokir di Provinsi